Sabtu, 14 Juli 2018

BUSINESS ENGLISH COMMUNICATION SKILLS and BUSINESS LETTERS


Lesson 1. Verbal dan Non Verbal Communication
Dalam dunia kerja tentunya akan berbeda cara pembawaan, dan bicara. Kita akan dihadapkan dengan beragam Business Communication Situations. Oleh karena itu, aspek yang pertama harus dipahamai dan dikuasai adalah verbal dan non verbal communication
Verbal Communication Types
1.  Language
2.  Tone and Style
3.  Intonation
4.  Stress
5.  Pausing
6.  Pace
7.  Volume
8.  Pitch   

Non Verbal Communication Types
1.   Appearance
2.  Eye Contact
3.  Facial Expressions
4.  Gestures
5.  Postures & positioning
6.  Body Language
7.  Silence

Lesson 2. Identify Interviews.

Setelah mengetahui dan memahami tentang verbal dan nonverbal communication, kita juga harus bisa mengidentifikasi tentang Business situation seperti apa yang sedang dihadapi. Disetiap kegiatan bisnis kita dituntut untuk aktif memberi saran untuk kemajuan perusahaan. Ada berbagai macam tantangan yang akan dihadapi. Beberapa hal penting yang patut diperhatikan saat berbicara didepan orang misalnya tentang Rhythm of speech, use stress and pausing, appropriate style and tone, & attitude.
Interview
Sebelum masuk sebuah perusahaan kita sebenarnya sudah dihadapkan dengan situasi bisnis. Bisnis yang dimaksud disini tentu bukan tentang profit oriented tetapi planning and negotiating yang kita lakukan terhadap pihak HRD. Interview sendiri ada beberapa macam bentuknya, one to one, one to many, many to many, collaborative, atau cooperative. Selain bentuknya yang berbeda biasanya job interview juga ada bebeapa tahap seperti interview psikologi, interview user, dan interview HRD. Untuk menghadapi sebuah job interview yang paling utama adalah persiapan disamping dibarengi dengan doa. Namun ada beberapa Important factors yang perlu diperhatikan oleh job seeker.

1.  Type of Interview and Audience Awarness
Kita harus siap dengan jenis dan situasi interview seperti apa yang akan dihadapi. Biasanya dalam sebuah rekrutmen sebuah pekerjaan akan diberitahu tentang alur atau tahapan dari rekrutment tersebut sehingga kita bisa mempersiapkan diri sebelumnya.
2.  Question Types
Dalam wawancara pada umumnya biasanya akan terbentuk format pertanyaan yang tidak akan berbeda jauh. Pertanyaan inerview akan diiawali dengan perkenalan diri, Interview Question (hal ini berkaitan dengan CV, dan Behavioral), dan pertanyaan yang bisa kita ajukan kepada interviewer.
3.  Speaking to Inform and persuade
Salah satu tujuan interview adalah untuk memaparkan kompetensi kita yang sudah kita tulis di selembar atau dua lembar CV. Disinilah bagian negotiating yang akan kita laluin kita akan berusaha untuk menjelaskan kemampuan kita agar dapat diterima diperusahaan tersebut. Lalu bagai mana untuk menjawabnya? Pada tahap interview kita akan ditanya mengenai Relevant, Experiences, Skill dan Achievments & awards. Untuk menjawab bagian ini kita bisa menggunakan DLCT Method, yaitu Did, Learned Contributed, Transfereed. ‘Did’ artinya kita menjelaskan tentang apa saja yang telah kita lakukan. ‘Learned’ artinya apa saja yang telah kita pelajari baik dari pendidikan formal maupun informal. ‘Contributed’ artinya apa saja yang telah kita bberikan dalam sebuah organisasi atau tempat kerja terdahulu. ‘Transfereed’artinya apa saja yang kelak akan kita berikan kepada perusahaan.

EXAMPLE CONVERSATION (INTERVIEWERS & INTERVIEWEE)
A è Good morning. Please have a seat. (Selamat pagi. Silahkan duduk.)
B è Good morning. (Selamat pagi.)
A è So, your name is Yasmin right? (Jadi, kamu yang bernama Yasmin?)
BèYes Mom. (Iya bu)
A èI am Widia, the head of human resource department in this company. (Saya Widia, kepala department sumber daya manusia dari perusahaan ini.)
Bè Nice to meet you Mom. (Senang bertemu dengan anda bu.)
A è Are you ready for the job interview? (Apakah kamu siap untuk wawancara kerja?)
B è Yes, I am ready Mom. (Ya, saya siap bu.)
A è How do you know about job vacancy in this company? What’s make you interested to apply as the Finance Manager in this company? (Bagaimana kamu tau tentang lowongan kerja di perusahaan ini? Apa yang membuat kamu tertarik untuk melamar sebagai Manajer Keuangan di perusahaan ini ?)
B è I read an advertisement on Newspaper The Post, Sunday edition. I interested to apply as the Finance Manager because I think that I am capable to be in that position. Besides, I am graduated from economic faculty with good GPA 3.90. 
(Saya membaca iklan di koran “The Post”, edisi hari Minggu. Saya tertarik untuk melamar sebagai Manajer keuangan karena saya rasa saya memiliki kemampuan untuk berada di posisi itu. Selain itu, saya juga lulusan Fakultas Ekonomi dengan IPK yang bagus 3.90.)
A è Do you have any job experiences at the same position? (Apakah kamu mempunyai pengalaman kerja dengan bidang yang sama?)
B è No Mom. I am a fresh graduate. (Tidak bu. Saya adalah lulusan baru.)
A è Do you have any computer ability? Can you speak other languages? (Apakah kamu memiliki kemampuan mengoperasikan komputer? Bisakah kamu berbicara dengan bahasa yang lainnya?)
B è Yes, I have. I can operate Ms.Word, Ms.Excel, Ms.Powerpoint, and Internet. I can speak Chinese and Japanese. (Ya, saya punya. Saya memiliki kemampuan mengoperasikan Ms.Word, Ms.Excel, Ms.Powerpoint, dan Internet. Saya bisa berbahasa Cina dan Jepang.)
A è That’s interesting. Where did you learn all that languages? (Itu menarik. Dimana kamu belajar semua bahasa itu?)
B è I took a course to learn that languages. (Saya mengambil kursus untuk mempelajari bahasa-bahasa tersebut.)
A è Very well. So, what is your strength and weakness point? (Bagus sekali. Jadi, Apa kelebihan dan kekurangan kamu?)
B è My strength is my spirit and my responsibility in doing something. I also like to learn new things. My weakness is I am afraid of height. (Kelebihan saya anda semangat dan rasa tanggung jawab saya dalam mengerjakan sesuatu. Saya juga senang untuk mempelajari hal baru. Kelemahan saya dalah, saya takut akan ketinggian.)
A è Well, it was a great time to have an interview with you. I thought you are a great candidate to  fill up the position. I will call you later after the board of directors make a decision. Thank you for coming Yasmin.
(Baiklah, sangat menyenangkan mewawancarai kamu. Saya rasa kamu adalah pilihan terbaik untuk mengisi posisi tersebut. Saya akan menghubungi kamu setelah dewan direksi membuat keputusan. Terima kasih sudah datang Yasmin.)
B è You are welcome. (Sama-sama)

Contoh Komunikasi Bisnis
            Salah satu contoh komunikasi bahasa inggris bisnis yaitu surat. Surat bisnis adalah surat yang digunakan baik perseorangan, instansi ataupun lembagaga organisasi yang isinya untuk menyampaikan pesan – pesan bisnis secara tertulis dengan menggunakan media tertentu baik via pos, faksimili maupun media internet. Surat bisnis memiliki banyak jenis misalnya surat bisnis penawaran, surat bisnis perkenalan, surat bisnis pesanan dan lain-lain.
            Meskipun teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat dengan adanya telepon, telepon genggam, televisi, radio, telegram, feksimile, dan komputer, surat tampaknya masih merupakaan sarana penghubung atau komunikasi yang sangat penting bagi seseoran, kelompok, maupun organisasi pemerintah dan bisnis.
Selain sebagai sarana komunikasi, surat bisnis memiliki berbagai fungsi:
1.  Surat bisnis berfungsi sebagai wakil atau duta bagi pengiriman surat. Dalam kaitanya dalam dunia bisnis, surat bisnis berfungsi untuk pembawa pesan-pesan bisnis dari pengirim pesan ke pada pihak lain.
2.  Alat untuk menyimpan pembertitahuan, permintaan, atau permohonan, buah pikiran atau gagasan yang berkaitan dengan masalah-maslah bisnis. Misalnya: surat pemesanan produk, surat penagihan, surat penagihan produk baru, dll.
3.  Alat buktu tertulis (dokumen tertulis), Misalnya : surat perjanjian jual beli, surat perintah kerja, surat kerja sama, dll.
4.  Alat untuk mengingat, misalnya: surat bisnis yang diarsipkan. Pada aat dibutuhkan, surat-surat tersebut dapat dilihat dan dicek kembali untuk mengingat berbagai kegiatan yang telah dilakukan masa lalu atau sebelumnya.
5.  Bukti sejarah atau historis, misalnya surat izin pendirian usaha, surat kepailitan usaha, dan surat penggabungan usaha. Surat-surat bisnis tersebut menjadi catatan yang berharga sebagiai bukti historis dalam dunia bisnis.
6.  Pedoman kerja, misalnya :surat keputusan dan surat perintah. Surat tersebut berfungsi sebagai pedoman atau acuan dalam melakukan suatu kegiatan bisnis.
7.  Media promosi bagi pengiriman surat.

Example 1:

Jakarta, April 20, 2016
Ms. Prisia Tanuwardana
Chief Executive Officer
Wardana Financial Firm
Kelapa Jaya Street number 12

Dear, Mr. Kaynan Jejaka
I am writing this letter to invite you in a business meeting, regarding to our cooperation. The topic that will be brought is about my intention and plan to do research and audit. I am as the leader of a financial firm expects the cleanness of my institution and keeping trust of my clients to invest their fund in my company. This meeting is confidential because I need to analyse the report of the audit by myself. I have arranged the schedule of the meeting.
Date : Friday, April 22, 2016
Time : 09.00 a.m. to 11 a.m.
Place : Prista Coffee Shop
Thank you very much for your attention. I hope that we could have great work together. We look forward to hearing from you soon.

Sincerely yours,

Ms. Prisia Tanuwardana
Chief Executive Officer
Wardana Financial Firm



Example 2:


PT PELITA JAYA
Jl. Sutarno No. 107 Jakarta Selatan
Telp. xxxx xxxxxx Fax. xxxxxx
===================================================================
Jakarta, 25th September 2016

Ms. Melani
Accounts Payable
The Harapan Store
Jl. Sudarmo No. 28
Jakarta

It has come to my attention that your company, The Cooking Store has been late with paying their invoices for the past three months.
In order to encourage our customers to pay for their invoices before the due date, we have implemented a discount model where we'll give you 3% off your invoice if you pay us within 15 days of receiving the invoice.
I hope that everything is going well for you and your company. You are one of our biggest customers, and we appreciate your business. If you have any questions, feel free to contact me at (xxxx) xxxxxx.

Sincerely,

Signature
Sukoco

Accounts Receivable







Referensi :

https://itech74.wordpress.com/2016/09/08/belajar-komunikasi-bisnis-pake-bahasa-inggris-part-1-business-english-communication-skills/
http://angeligatampubolon.blogspot.com/2016/11/contoh-surat-bisnis-dalam-bahasa.html
http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2016/04/4-contoh-surat-bisnis-dalam-bahasa-inggris.html
http://faizrachim.blogspot.com/2015/04/komunikasi-bahasa-inggris-bisnis_98.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar